Sunday, January 23
Shadow

Cara Bebas Pegal Saat Mengemudikan Mobil Jarak Jauh


JAKARTA, KOMPAS.COM—Mengemudikan mobil ke luar kota dengan rute jarak jauh akan membuat kondisi fisik pengemudi terkuras. Anggota tubuh akan rentan pegal saat berkendara dengan waktu yang cukup panjang.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana untuk mencegah pegal saat berkendara, pengemudi harus konsisten dan harus disiplin istirahat.

“Namanya fisik, setiap menit, setiap jam itu dapat ngedrop. Kenapa ngedrop, karena dia hanya stuck duduk saja. Maka dari itu pengemudi harus me-refresh otot , otak, dan syaraf,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

Baca juga: Bisa Parkir, Syarat Utama buat Pengemudi Mobil

Sony mengatakan jika pengemudi harus istirahat setelah mengemudi selama 3 jam. Jika berkendara melebihi durasi tersebut sudah melebihi batas kemampuan manusia.

Kondisi akan bahaya sekali ketika dia memaksakan diri. Terutama bila pengemudi meminum stimulan penambah stamina. Dengan sisa stamina yang tersisa tidak menjamin akan selamat atau fokus meskipun minum stimulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bukannya menghilangkan pegal pada tubuh, justru akan memperparah keadaan. Tubuh akan semakin lelah karena melewatkan waktu istirahat.

Dok. Indianautosblog.com Mobil listrik Kia EV6

Oleh karena itu, baiknya setelah batas durasi yang ditentukan, pengemudi wajib mengistirahatkan diri selama 30 menit. Dengan istirahat yang cukup akan memulihkan otak, otot dan syaraf.

Dengan begitu tubuh akan terhindar dari pegal meski melanjutkan mengemudikan mobil.
“Supaya kondisinya prima lagi. Sebetulnya refresh otot, otak dan syaraf ini tidak susah. Hanya saja banyak orang tidak paham. Misalnya ada waktu istirahat, namun yang dilakukan ngobrol, ngopi, dan duduk,” imbuh Sony.

Baca juga: Buat Pengemudi Pemula, Biasakan Parkir Mundur

Itu artinya, istirahat yang dilakukan pengemudi kebanyakan hanya otot dan saraf, saja sedangkan otak tidak. Sementara otak bisa di istirahatkan saat mata terpejam, yaitu dengan tidur.

Saat otot, saraf dan otak tidak rileks, tubuh akan tegang dan membuat tubuh cepat pegal.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Prize harian Result SGP 2020 – 2021. Cashback oke punya lainnya tampil diamati secara terjadwal via iklan yg kita sampaikan dalam web ini, lalu juga dapat dichat pada layanan LiveChat pendukung kami yang ada 24 jam On the internet buat mengservis semua kepentingan antara pemain. Lanjut segera daftar, & menangkan jackpot dan Kasino On-line terbesar yg ada di tempat kami.