Wednesday, July 28
Shadow

Cari Mobil Bekas, Lebih Baik yang Cat Ori atau Sudah Dicat Ulang?

JAKARTA, KOMPAS. com – Kondisi cat mobil sejatinya memang sangat memengaruhi harga berniaga kendaraan. Tidak sedikit pemilik organ yang melakukan cat ulang ( repaint ) pada kendaraannya.

Kejadian ini dilakukan agar mobil pasti mulus dengan warna yang pantas dengan keinginan. Ada juga dengan melakukan hal tersebut untuk mengunci baret, penyok atau bekas tabrakan.

Baca pula: Kapan Tilang Uji Emisi Mulai Berlaku di DKI?

Tetapi, banyak orang yang mencari mobil dengan kondisi cat masih orisinal alias asli.

Sekalipun, tidak mudah mencari mobil licin dengan cat masih asli pabrikan, apalagi jika mobil tersebut merupakan keluaran tahun 90-an.

Lantas, mana yang sebaiknya dipilih saat membeli ingin mobil isyarat, cat orisinal tapi banyak baris atau yang masih mulus tapi sudah repaint ?

Ilustrasi Coating Mobil KOMPAS. com / Aditya Maulana Ilustrasi Coating Mobil

CEO Top Coat Indonesia Christopher Sebastian menyarankan, lebih cantik konsumen memilih cat yang sedang orisinal karena keaslian mobil tersebut bisa dilihat dari catnya. Masa sudah dicat ulang, perlu dicurigai apakah ini mobil bekas tabrakan aau tidak.

Namun, jika baretannya terlalu banyak atau parah, oleh karena itu harus dilakukan repaint agar tampilan mobilnya tetap mulus.

“Ketika melakukan repaint , prosesnya juga harus diperhatikan. Tak boleh dilakukan sembarangan, dan kudu menggunakan cat bagus dan cocok dengan warna orisinalnya, ” perkataan Christopher saat ditemui Kompas. com di BSD Tangerang, Jumat (22/1/2020).

Baca juga: Membiasakan dari Kecelakaan Mobil Sport, Ketahui Batas Kecepatan di Jalan Pungutan

Christopher mengiakan, tidak jarang menemui kasus mobil yang sudah dicat ulang, namun hasilnya kasar seperti kulit jeruk dan banyak gelombang.

“Ketika dipoles pun catnya hendak mengelupas, karena proses repaint yang tak bagus, ” kata Christopher.

Menurut Christopher, tidak ada masalah jika pemilik mobil ingin melakukan repaint tetapi harus menggunakan standar yang bagus agar merusak susunan cat dan tampilan kendaraan.