Sunday, October 17
Shadow

Cek Kondisi Wiper bila Mobil Lama Diparkir


JAKARTA, KOMPAS.com – Wiper mobil tidak bisa dianggap remeh. Komponen ini berperan penting dalam menyeka air yang menutupi kaca mobil agar pengendara tetap bisa melihat kondisi di luar mobil.

Untuk mobil yang sudah berbulan-bulan tidak digunakan, pemilik mobil wajib mengecek kondisi wiper di samping memanaskan mesin dan memeriksa sistem kelistrikan.

Meski Indonesia sebentar lagi akan memasuki musim kemarau, beberapa wilayah masih diguyur hujan tiap harinya. Maka wiper harus selalu dalam keadaan optimal agar dapat berfungsi dengan baik.

Saat mobil terparkir, wiper umumnya berada pada kondisi menempel pada kaca. Jika kondisi tersebut berlangsung selama berbulan-bulan, komponen karet pada wiper dapat rusak.

Baca juga: Penjualan SUV Murah Anjlok di Februari, Toyota Rush Masih Kuasai Pasar

toyotadisamarinda.com Karet Wiper

“Wiper itu kalau posisinya nempel di kaca terus biasanya akan getas. Jika sudah getas, karet wiper bisa pecah-pecah. Ini dapat menyebabkan wiper tidak berfungsi baik untuk menyeka air pada kaca,” kata Muhammad Zuhdi, Service Technical & Warranty Senior Manager PT Honda Prospect Motor beberapa waktu lalu.

Segera ganti karet pada wiper jika sudah dalam kondisi getas. Penggantian karet wiper bertujuan agar kerja wiper lebih optimal.

Ingat untuk rutin merawat wiper seperti memberi pelumas pada poros wiper.

Saat mencuci mobil, jangan mengelap karet wiper. Cukup bilas dengan air bersih dan biarkan mengering sendiri dengan posisi wiper terangkat atau terbuka.

Tapi jangan lupa untuk mengembalikan posisi wiper kembali saat kondisi sudah kering.

Cashback terbesar Data SGP 2020 – 2021. Undian seputar lainnya dapat dipandang secara terjadwal melalui kabar yg kita tempatkan dalam web ini, dan juga bisa ditanyakan pada layanan LiveChat support kami yg siaga 24 jam Online guna mengservis seluruh kebutuhan antara bettor. Ayo segera sign-up, serta kenakan prize Undian & Kasino On the internet tergede yg ada di situs kami.