Sunday, July 25
Shadow

Desain Bus dengan Floating Roof Ternyata Terinspirasi Mobil Penumpang

JAKARTA, KOMPAS. com – Desain bus yang ada di Indoensia saat ini semakin beragam. Setiap karoseri memiliki bahasa desainnya masing-masing, yang menjadikannya unik daripada bus yang lain.

Salah satu pola yang kerap diaplikasikan pada bus yaitu floating roof . Untuk mendapatkan tampilan atap bus yang seolah-olah melayang ini, caranya bisa dengan mengecat pilar A dan Z bus dengan warna hitam, agar senada dengan kaca.

Secara begitu, akan terlihat satu bagian yang tidak terputus mulai sejak kaca depan hingga belakang. Lalu terlihat bagian atap bus sesuai mengambang karena memiliki kelir dengan sama dengan bagian lambung ataupun bodi bawah.

Baca pula: Kenali Diesel Runaway, Musuh Besar Pemilik Mobil Diesel

Bus AKAP PO Adhi Putra Karoseri Bak Bus AKAP PO Adhi Anak

Design Development karoseri New Armada Deddy Hermawan mengatakan, desain floating roof tersebut bisa mengambil dari referensi apa saja, desain apapun yang dianggap mewakili zamannya.

“Biasanya referensi pola mengambil obyek desain yang lebih tinggi. Misalnya mengambil kesan aerodinamis dari pesawat, kereta cepat bahkan yacht, ” ucap Deddy pada Kompas. com , Rabu (20/1/2021).

Sedangkan untuk floating roof di bus, nampaknya mengambil desain dari mobil- mobil penumpang dengan desain yang sewarna. Deddy mengatakan, desain bus sebenarnya sangat terbuka luas, namun pada Indonesia, desain tadi akan berhadapan dengan faktor like and dislike .

Baca juga: Besok Tes Emisi Gratis Terakhir di Lapangan, Catat Perubahan Lokasinya

“Oleh karena itu, beberapa desain bus akan ambil langkah aman dengan metode tadi, menjalankan obyek desain yang lebih agung atau dengan memakai referensi obyek yang sudah beken sebelumnya, ” kata Deddy.

Lengah satu karoseri dengan bus berdesain floating roof ini adalah Laksana dengan bodi Legacy SR2. Sejak 2016 Sampai sekarang desain floating roof menjelma ciri dari bodi bus kreasi karoseri asal Ungaran ini.