Sunday, October 17
Shadow

Emak-emak Asal Belok Akhirnya Tabrakan, Tersebut Adab Ketika Belok

JAKARTA, KOMPAS. com – Jalan raya merupakan tempat yang dipenuhi oleh pengguna jalan lain. Jika tidak perdata, kejadian seperti tabrakan bisa saja terjadi dan tidak bisa diprediksi dari mana asalnya.

Misalnya seperti video yang segar ini diunggah akun instagram dashcam indonesia. Dalam video tersebut ada seorang pengendara motor yang menyeberang jalan, namun alih-alih tidak memerhatikan kondisi jalan dan menabrak pengguna jalan lain.

Menanggapi hal ini, Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani mengatakan, dari video tersebut, bisa terlihat kalau kedua pengendara mesin yang bertabrakan ini tidak ingat-ingat dalam berkendara.

Baca serupa: PSBB Jakarta Diperpanjang hingga Januari 2021, Bagaimana Ganjil Genap?

 

“Pengendara yang menyeberang seharusnya tidak boleh langsung memotong lajur karena berbahaya, ” ucap Agus kepada Kompas. com , Rabu (23/12/2020).

Selain itu, pengendara yang menyeberang juga harus menengok atau memerhatikan sisi kiri jalan yang mau dia lewati agar aman. Namun untuk pengendara motor yang tersomplok, sebenarnya dia bisa menghindari kontak tersebut.

“Seharusnya masa ada mobil yang mengurangi kecepatannya, sebaiknya dia juga harus mengikuti. Fungsinya untuk memprediksi kendaraan ataupun obyek yang muncul secara tiba-tiba agar tidak terjadi tabrakan, ” kata Agus.

Baca juga: Keluar Masuk Jakarta dari Bodetabek Wajib Rapid Test Antigen?

Agus juga mengatakan, pengendara di Indonesia masih banyak yang tidak ingat-ingat. Hal ini disebabkan tidak pernah mendapatkan edukasi atau pelajaran mengenai lalu lintas dan bagaimana berkendara aman di jalan raya saat di sekolah.

“Banyak pengendara yang bisa mengendarai mesin karena belajar otodidak dan tak mempedulikan keselamatan dirinya. Misalnya bagaikan penggunaan riding gear yang kurang dan taat rambu-rambu lalu lin, ” ucapnya.