Saturday, October 23
Shadow

Hilangkan Budaya Ngobrol Sambil Naik Motor


JAKARTA, KOMPAS.com – Sering kita jumpai dua pengendara motor ngobrol sembari riding. Bahkan tidak jarang yang sambil cekikikan dan saling menepuk bahu.

Hal ini tentu bikin jengkel, karena dapat membahayakan pengendara lain.

Seperti contoh dalam video yang diunggah oleh akun @dashcamindonesia, Jumat (18/6/2021). Dalam video tersebut terlihat dua pengendara motor yang saling berdampingan sambil ngobrol di jalan raya.

Baca juga: Trik Simpan Motor Agar Ban Tak Mudah Kempis

Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana mengatakan, mengobrol di jalan raya sambil bekendara sangat berbahaya, karena dapat menurunkan tingkan konsentrasi pengendara.

“Di pinggir jalan saja risiko bahayanya besar apalagi di jalan raya. Jadi bukan tempatnya ngobrol atau bersilaturahmi di jalan raya, karena potensi bahayanya besar akibat gagal ngerem dari kendaraan di belakang,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Jumat (18/6/2021).

Sony melanjutkan, jika pengemudi mobil atau pengguna jalan lain bertemu dengan pengendara motor seperti itu, sebaiknya segera bunyikan klakson dengan tujuan menghentikan percakapan mereka.

“Suara klakson pasti akan mengganggu dan menghentikan percakapan, dan menyelamatkan mereka dari bahaya, sehingga mereka paham bahwa yang dilakukannya adalah salah. Apabila memungkinkan tegur dan katakan, ‘silahkan ke pinggir, kalau mau ngobrol tidak di jalan raya’,” kata Sony.

Baca juga: KTM Siapkan 3 Motor Baru Sampai Akhir Tahun

Aturan

Secara regulasi, terdapat undang-undang yang mengatur soal gangguan konsentrasi terhadap pengendara selama di jalan, yakni UU No. 22 Tahun 2009 pasal 283 yang tertulis;

“Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp 750.000.”


Promo paus Pengeluaran SGP 2020 – 2021. Prize khusus lain-lain dapat dipandang dengan terprogram lewat poster yang kami sampaikan pada website tersebut, lalu juga siap dichat terhadap layanan LiveChat support kita yg siaga 24 jam On-line untuk mengservis segala kepentingan antara tamu. Ayo secepatnya join, dan menangkan hadiah Lotre serta Live Casino On the internet tergede yg nyata di web kita.