Sunday, June 13
Shadow

Melimpah yang Belum Tahu, Menoleh ketika Mengendarai Motor Ada Trik Khusus

JAKARTA, KOMPAS. com – Kaca spion pada sepeda motor memiliki fungsi yang cukup crucial untuk mengetahui kondisi sekitar, namun punya keterbatasan pandangan terutama ke arah belakang.

Dengan sebab itu, selain melihat kaca spion, pengendara wajib juga menoleh ke belakang agar pandangan menjadi lebih luas, sekaligus memastikan situasi aman.

Baca juga: Jaga Etika Baik Saat Touring Libur Tahun Baru

Terkait hal itu Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menjelaskan, dengan menoleh ke belakang maka pengendara sebetulnya sedang melakukan cek keselamatan di jalan raya.

“Kaca spion yang ada pada motor memiliki keterbatasan pandangan bagi pengendara, ada sudut pandang yang tidak terlihat ialah area blindspot. Maka dari itu, hal yang harus diperhatikan yaitu melakukan safety check out dengan menengok ke belakang ketika ingin bergerak maju atau berbelok, ” kata Agus Sani saat dihubungi Kompas. com, Rabu (30/12/2020).

Kaca spion jadi faktor penting redam blind spot saat berekndara. Stanly/Otomania Kaca spion jadi faktor penting redam blind spot saat berekndara.

Agus menambahkan, kecelakaan kerap terjadi karena pengendara motor bukan menoleh dan hanya mengandalkan spion serta lampu sein saat maka akan pindah jalur atau berbelok. Padahal spion kurang mampu menangkap citra jika ada kendaraan sedang melaju cepat dari belakang.

“Karena sering juga kecelakaan justru terjadi akibat kita terlalu percaya pada kaca spion dan lampu sein. Sehingga kendaraan yang berada di titik tertentu tidak terpantau, ” ucap Agus.

Lihat juga: Yamaha Siapkan Lawan Versys 250 dan KTM Adventure two hundred and fifty

Meski demikian, menoleh ke belakang pun wujud tata caranya dari kacamata security riding. Agus mengatakan, jangan menoleh terlalu lama dan kemudian perhatikan waktu yang tepat, agar engine tidak menabrak objek di depannya.

“Namun dalam menoleh langsung waktunya jangan terlalu lama, usahakan sekejap saja, hanya memastikan tidak ada kendaraan di region blindspot kita. Hal ini juga berlaku bagi kendaraan roda empat atau lebih, ” kata Agus