Sunday, June 13
Shadow

Memakai Ban Motor Diameter Lebih Mungil, Bisa Tingkatkan Akselerasi?

JAKARTA, KOMPAS. com – Modifikasi mesin dengan mengganti ban bisa mengganti tampilannya. Bahkan dahulu suka tampak ban dan pelek motor diganti dengan diameter yang lebih kecil atau besar.

Tersedia yang mengatakan kalau mengganti dengan diameter ban lebih kecil, mampu membuat akselerasinya meningkat, apa kah benar begitu?

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk., Zulpata Zainal mengucapkan, memang benar adanya kalau sengkang total roda dan ban dibuat lebih kecil, maka lebih lekas putarannya.

Baca juga: Cetar, Ini Warna Baru Yamaha R25 Model 2021

Bengkel Proban Motoparts Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (3/11/2017). Fachri Fachrudin Bengkel Proban Motoparts Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (3/11/2017).

“Begitu juga sebaliknya, jika diameter totalnya lebih gede, akan lebih lambat atau mengandung, ” kata Zulpata kepada Kompas. com , Minggu (20/12/2020).

Berbeda ceritanya kalau soal kecepatan puncak atau top speed. Jika diameter rodanya diganti jadi lebih kecil, sempurna speed akan berkurang, sedangkan diameter total yang lebih besar, top speednya akan meningkat.

Namun, Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno kurang putus dengan pendapat tadi. Memang jelas ada pengaruh, karena mengubah spesifikasi yang sudah standar dari pengusaha.

Baca serupa: Jelang Akhir Tahun, Ini 5 Besar Merek Mobil Terlaris di Nusantara

“Belum tentu akselerasinya meningkat, karena segenap harus dicek melalui dyno test, ” kata Endro kepada Kompas. com .

Selain itu hasilnya pula belum tentu sama. Mengingat adanya rasio transmisi dan setting ECU yang berbeda.