Sunday, September 26
Shadow

Mengemudi Mobil Transmisi Matik Jangan Pakai 2 Kaki, Bahaya


JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil dengan transmisi otomatis memang hanya memiliki dua pedal, gas dan rem. Berbeda dengan mobil transmisi manual yang punya pedal ketiga, yakni kopling yang dioperasikan oleh kaki kiri.

Walaupun mobil matik hanya memiliki dua pedal, bukan berarti kaki kiri digunakan untuk menginjak rem. Kaki kiri ketika mengemudikan mobil matik memang hanya tinggal diistirahatkan saja di foot rest.

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, pedal yang ada di mobil matik hanya dioperasikan oleh kaki kanan saja, baik pedal gas maupun rem.

Baca juga: Harga Tiket Bus AKAP Jakarta-Purwokerto Usai Larangan Mudik

FMMOTORPARTS.com Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.

“Hal ini bertujuan agar lebih aman, karena bila pakai dua kaki pada mobil matik, maka ada kemungkinan saat mengerem kaki kanan masih injak pedal gas,” kata Marcell kepada Kompas.com, belum lama ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, mengerem dengan kaki kiri sangat berbahaya, apalagi jika dilakukan di jalan raya. Kaki kiri seseorang biasanya tidak lebih sensitif dibanding kaki kanan, sehingga rawan menginjak rem terlalu keras dan membuat mobil berhenti mendadak.

Baca juga: Beredar Rendering Yamaha R15 v4, Makin Mirip Moge Supersport

“Bisa saja kita menginjak pedal rem seperti kita menginjak pedal kopling, hingga menyebabkan mobil berhenti mendadak,” ujar Marcell.

Jika dilakukan di jalan raya, tentu bisa menyebabkan tabrak belakang. Hal ini pastinya bakal merugikan diri sendiri dan membahayakan orang lain.

Cashback terbesar Pengeluaran SGP 2020 – 2021. Undian terbaru yang lain tampak diperhatikan dengan terprogram melalui kabar yang kami letakkan pada laman ini, serta juga bisa dichat kepada petugas LiveChat pendukung kami yang stanby 24 jam On-line untuk melayani semua kebutuhan para pengunjung. Mari secepatnya join, serta kenakan promo Buntut & Kasino On-line terbesar yg ada di lokasi kami.