Sunday, January 23
Shadow

Menghindari Hewan Ternak di Jalan Raya, Pengendara Motor Terjatuh


JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam berkendara, dibutuhkan fokus yang baik untuk selalu melihat kondisi di jalan dan lingkungan berkendara. Fungsinya agar pengendara bisa bertindak tepat waktu jika terjadi sesuatu di luar dugaan.

Beredar unggahan video pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan setelah menghindari hewan ternak yang menyeberang jalan raya di Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

Baca juga: Bahas Desain Eksterior Mitsubishi Xpander Ultimate 2022, Makin Ganteng

Video tersebut diunggah oleh akun instagram @dashcam_owners_indonesia pada Kamis (6/1/2022). Selain pengendara motor, pengemudi mobil yang merekam kejadian tersebut melalui kamera dashboard juga menabrak seekor kambing yang berlari setelahnya.

Menanggapi kejadian ini, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari kejadian serupa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ketika berkendara tentu pandangan mata kita harus selalu melihat jauh kedepan agar kita bisa memprediksi setiap potensi bahaya yang setiap saat terjadi,” kata Agus kepada Kompas.com Kamis (6/1/2022).

Baca juga: Pelat Nomor Dipasang Cip, jika Belum Bayar Pajak Tidak Bisa Masuk Tol dan Parkir

Dengan pandangan jauh saat berkendara, Agus mengatakan pengendara dapat melihat objek-objek yang berada di depan pengendara sehingga bisa segera mengantisipasi bahaya yang terjadi.

“Apabila tiba-tiba ada hewan yang melintas di depan kita maka tindakan yang harus kita lakukan adalah dengan segera mengurangi kecepatan dan melakukan pengereman yang aman,” ucapnya.

Akun Instagram @otomtalk Tangkapan layar video kecelakaan tunggal akibat menabrak hewan ternak yang melintas di jalan.

Agus menambahkan, pada saat hal tersebut terjadi, jangan tiba-tiba berhenti karena jika situasi dibelakang kita ramai dan kecepatan tinggi malah justru membahayakan. Karena bisa saja kita terhindar dari hewan namun membahayakan pengendara lain.

“Jadi situasional saja. Kecelakaan yang sering terjadi biasanya karena pengendara tidak siap akibat kurang fokus dan tidak konsentrasi saat berkendara,” ucap Agus.

Baca juga: Pengendara Motor Terjatuh Kaget Mendengar Klakson

Hal yang sama juga dikatakan oleh Marcell Kurniawan selaku Training Director The Real Driving Center (RDC). Menurutnya, ada beberapa sikap yang harus dilakukan pengendara agar tetap aman jika bertemu hewan yang berkeliaran di jalanan.


Cashback paus Data SGP 2020 – 2021. Undian mantap lainnya ada dilihat secara terpola via pemberitahuan yang kita letakkan dalam laman tersebut, lalu juga bisa ditanyakan terhadap petugas LiveChat pendukung kita yang menjaga 24 jam On-line buat meladeni segala maksud para visitor. Lanjut secepatnya sign-up, dan menangkan cashback Buntut dan Kasino On-line tergede yg terdapat di lokasi kami.