Thursday, May 26
Shadow

Parkir di Luar Saat Hujan, Jadi Penyebab Kaca Mobil Berjamur


JAKARTA, KOMPAS.COM – Kaca mobil yang berjamur mempengaruhi kenyamanan berkendara.
Biasanya, saat musim penghujan kaca mobil rentan berjamur.

Jika dibiarkan, jamur pada kaca mobil akan mengganggu pandangan dan juga kebersihan dari mobil. Namun, penyebab jamur pada kaca mobil bukan hanya saat musim hujan saja.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Division Service PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan jika pemilihan tempat parkir juga mempengaruhi.

“Selain hujan keadaan lembab juga memicu jamur, kalau parkir di outdoor menyebabkan jamur,” kata Bambang pada Kompas.com baru-baru ini.

Baca juga: Lebih Banyak Rugi Meladeni Pengemudi Agresif di Jalan Raya

Bambang menjelaskan jika munculnya jamur pada kaca mobil disebabkan air yang menempel pada kaca yang tidak langsung dikeringkan. Jika dibiarkan air akan memicu tumbuhnya jamur.

Kaca mobil yang tumbuh jamur adalah kaca yang berada di bagian luar. Sedangkan kaca bagian dalam terlindungi dengan lapisan kaca film sehingga aman dari jamur.

Sementara itu kaca mobil bagian luar berhubungan langsung dengan lingkungan sekitar. Baik itu cuaca panas, dingin atau suhu lembab akan dirasakan oleh kaca mobil bagian luar.

Foto: Peugeot Jamur kaca mobil

Pada saat mobil parkir di luar gedung atau di tempat yang terbuka akan alami berbagai rintangan sekitar, terutama saat cuaca yang lembab memicu jamur.

Bambang menyarankan agar kaca langsung dibersihkan saat dari tempat lembab. Cara membersihkannya juga sederhana yaitu hanya dengan kain kering yang lembut.

Baca juga: Masih Banyak Pengemudi Enggak Mau Mengalah di Jalan

Jika menunda membersihkan, jamur akan semakin sulit dibersihkan dari kaca mobil. Kemudian, untuk pencegahanya kaca mobil berjamur bisa ditutup untuk menghindari atau mengurangi lembab.

“Parkir di dalam ruangan atau gedung, bisa mengurangi risiko berjamur atau lembab,” tutup Bambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

spesial Pengeluaran SGP 2020 – 2021. Bonus seputar lainnya muncul diamati dengan terencana via info yg kita tempatkan dalam web itu, serta juga siap ditanyakan terhadap teknisi LiveChat pendukung kami yg ada 24 jam On the internet buat melayani semua maksud para tamu. Mari segera join, serta kenakan promo Lotere serta Live Casino On-line terbaik yang tersedia di situs kami.