Thursday, May 26
Shadow

Penjualan SUV Murah Januari 2022, Rush dan BR-V Bersaing Ketat


JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil low utility vehicle (LSUV) alias SUV murah tengah naik daun di Tanah Air. Segmen ini memadukan keunggulan SUV yang tangguh melewati berbagai jenis medan, dengan banderol dan biaya perawatan terjangkau seperti LMPV.

Saat ini di Indonesia terdapat enam produsen yang bermain di segmen mobil SUV murah, yakni Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, Mitsubishi, dan DFSK.

Dilansir dari data wholesales yang dikompilasikan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk Januari 2022, total penjualan mobil LSUV mencapai angka 13.009 unit.

Baca juga: Begini Kondisi Wuling Confero Setelah Lima Tahun Pemakaian

KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Generasi terbaru BR-V jadi salah satu andalan Honda di GIIAS 2021 guna mendulang penjualan, kini sudah diumumkan harga resminya.

Peringkat pertama LSUV terlaris Januari 2022 dikuasai oleh Toyota Rush. Dengan penjualan sebanyak 3.751 unit, tipe Rush GR bertransmisi manual memberikan kontribusi terbesar dengan 1.745 unit.

Bersaing ketat, Honda yang belum lama ini meluncurkan generasi terbaru BR-V berhasil terjual sebanyak 3.257 unit, selisih tidak jauh dari kompetitornya. Tipe Prestige standar tanpa Honda Sensing jadi BR-V yang terlaris dengan kontribusi penjualan 1.118 unit.

Posisi ketiga diduduki oleh Mitsubishi Xpander Cross dengan penjualan 2.869 unit. Meski sebetulnya merupakan bagian dari LMPV Mitsubishi Xpander, Xpander Cross ikut diposisikan bersaing di pasar LSUV.

Baca juga: Akhirnya Diputuskan Sebagian Aspal Sirkuit Mandalika Dilapisi Ulang

Daihatsu Terios Eco IdleADM Daihatsu Terios Eco Idle

Di peringkat keempat ada Daihatsu Terios yang tahun lalu mendapatkan fitur baru berupa Eco Idle. Terios mencatat raihan 2.390 unit. Disusul posisi kelima ada Suzuki XL-7 yang nasibnya sama seperti Ertiga, tak bisa menembus angka penjualan 4 digit awal 2022. XL-7 hanya berhasil terjual 731 unit saja.

DFSK Glory 560 sebagai satu-satunya perwakilan Tiongkok di pasar LSUV Indonesia harus berpuas diri di posisi terbawah dengan hanya melepas 11 unit dari pabrikan.

Berikut daftar wholesales LSUV berdasarkan kompilasi data Gaikindo di Januari 2022.

  1. Toyota Rush: 3.752 unit
  2. Honda BR-V: 3.257 unit
  3. Mitsubishi Xpander Cross: 2.869 unit
  4. Daihatsu Terios: 2.390 unit
  5. Suzuki XL-7: 731 unit
  6. DFSK Glory 560: 11 unit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Hadiah terbaik Data SGP 2020 – 2021. Cashback terkini lain-lain muncul dipandang secara terpola lewat pemberitahuan yang kami tempatkan di website itu, lalu juga siap dichat terhadap layanan LiveChat support kita yg stanby 24 jam Online buat melayani seluruh kepentingan para player. Mari segera join, & ambil cashback Toto dan Kasino On the internet terbesar yang hadir di website kami.