Sunday, June 13
Shadow

Sepeda Motor Pakai Spion Kecil, Sekadar Pajangan


JAKARTA, KOMPAS.com – Kaca spion merupakan salah satu perlengkapan keamanan standar pada tiap sepeda motor sesuai regulasi yang berlaku di Indonesia. Spion berfungsi untuk mengetahui kondisi sekitar pengendara motor, terutama di sisi belakang dan samping ketika hendak bermanuver.

Meski begitu pentingnya spion untuk keselamatan berkendara, namun tidak semua pengendara motor sadar akan itu.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani, mengatakan kaca spion merupakan alat bantu keselamatan pada saat berkendara. Spion berfungsi untuk membantu pengendara dalam melihat keadaan sekitar terutama bagian belakang.

Baca juga: Harga Yamaha 125Z Bekas Kini Tembus Rp 90 Juta

“Dalam berkendara motor kita memiliki keterbatasan dalam pengelihatan, terutama pada area belakang kendaraan, sedangkan pengendara hanya mampu melihat bagian depan kendaraan. Maka dari itu perlu adanya alat bantu yang namanya spion,” kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Foto: Shopee Spion bar end

Tidak sedikit pengendara sepeda motor yang mengganti spion kendaraan bawaan pabrikan  dengan produk aftermarket.

Masalahnya, terkadang spion aftermakert punya desain yang tidak standar, salah satu yang paling sering ditemukan, ukurannya yang lebih kecil.

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran 2021, Pengendara Boleh Melintas di Wilayah Ini

Lantas bagaimana keamanan berkendara jika menggunakan kaca spion yang lebih kecil?

Agus menjelaskan, ukuran standar spion bawaan pabrikan motor juga masih memiliki keterbatasan pengelihatan (blind spot) di jalan raya. Estimasinya, masih ada sepertiga bagian blind spot yang tidak dapat terlihat oleh mata pengendara motor.

“Nah kalau kaca spion standar saja masih memiliki keterbatasan bagaimana dengan yang lebih kecil,” ucap Agus.

Spion motor minibukalapak Spion motor mini

Dengan menggunakan spion yang lebih kecil, otomatis blind spot yang dihasilkan semakin besar. Mengurangi level kewaspadaan dengan blind spot besar, sama saja makin mendekatkan diri pada kecelakaan di jalan.

Baca juga: Cuma 1 Jam, Innova Limited Edition 50 Tahun Toyota Langsung Ludes

Misalnya pada saat akan berpindah jalur, dengan spion yang kecil otomatis tidak dapat melihat semua objek yang ada di area belakang kendaraan. Padahal, pengendara motor hanya bisa melihat kaca spion sekilas. Kondisi ini tentu saja akan membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Permainan seputar Pengeluaran SGP 2020 – 2021. Info besar lain-lain bisa dilihat secara terprogram melewati iklan yg kita sisipkan di situs tersebut, dan juga siap dichat kepada operator LiveChat pendukung kami yang ada 24 jam Online buat meladeni semua kepentingan antara bettor. Mari cepetan sign-up, dan menangkan jackpot Lotre dan Kasino Online terbaik yang wujud di lokasi kami.