Sunday, June 13
Shadow

Suangi Ini Diprediksi Puncak Arus Balik, Berikut Titik Rawan Macetnya

JAKARTA, KOMPAS. com –  Direktorat Berantakan Lintas Polda Metro Jaya memperhitungkan pada sore hingga malam tersebut, Minggu (3/1/2021) akan menjadi pucuk arus balik libur Natal serta Tahun Baru 2021.

Sejumlah titik tertentu diprediksi mau terjadi penumpukan kendaraan bermotor khususnya jalan tol yang mengarah ke DKI Jakarta. Diproyeksi, ruas tol utama Cikampek dan Kalihurip sampai Simpang Susun Cikunir jadi satu diantara titiknya.

“Puncak arus balik kemungkinan besar terjadi di dalam hari ini, dari sore sampai malam. Titik rawan berada di lalu-lalang rest area, di gerbang tol, di Simpang Susun Cikunir, ” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Minggu (3/1/2021).

Baca serupa: Cerita Ribuan Kendaraan Dipaksa Putar Balik Saat Menuju Puncak

Ilustrasi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek jelang Tahun Baru 2021 JASA MARGA Ilustrasi semrawut lintas di Tol Jakarta-Cikampek jelang Tahun Baru 2021

Oleh karenanya, ia mengimbau biar pengguna kendaraan untuk selalu perdata kemacetan di berbagai lokasi, tak terkecuali rest wilayah . Tak lupa, selalu menghormati protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan.

Sambodo pun menguatkan petugas kepolisian akan siaga pada sejumlah titik yang dilalui arus balik kendaraan. Khususnya di gerbang-gerbang tol, rest tempat , hingga Simpang Susun Cikunir.

“Semua titik itu akan kita jaga, ” jelasnya.

Baca juga: 106. 058 Kendaraan Menuju Jakarta Jelang Teratas Arus Pulih

Parkiran mobil terapkan physical distancing di rest area Jasa Marga Parkiran mobil terapkan physical distancing di rest area

Sebelumnya, PT Jasa Jalan (Persero) Tbk mencatat sebanyak 106. 058 kendaraan telah menuju daerah Jakarta pada hari pertama pada 2021. Jumlah ini merupakan kumulatif arus lalin dari empat gerbang tol utama, yaitu Cikupa, Ciawi, serta Cikampek Utama dan Kalihurip Utama.

“Untuk distribusi lalin menuju Jakarta dari ketiga arah adalah, mayoritas sebanyak 50, 90 persen dari TImur, 28, 16 persen dari Barat, serta 20, 94 persen dari Selatan, ” ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Pertolongan Marga Dwimawan Heru.