Thursday, October 21
Shadow

Ternyata Ini Arti Kode R pada Profil Ban Mobil


JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap ban mobil dilengkapi dengan kode profil yang mengisyaratkan ukuran serta spesifikasinya. Misal ban berprofil 265/40 R19, artinya ban tersebut memiliki lebar tapak 270 mm, tinggi dinding ban 40 mm, dan memiliki diameter 19 inci.

Namun, arti kode R pada karet hitam tersebut (R19) sebetulnya tidak merujuk pada ‘ring’ atau diameter ukuran lingkar ban.

“Arti kode R sebetulnya kode huruf yang menunjukkan jenis konstruksi yang dibentuk dari ban,” ujar Zulpata Zainal, PG-On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Selain Avanza, Harga Dasar dan Varian Xenia Generasi Baru Juga Bocor

PIXABAY/E BOUWEN Ilustrasi ban mobil.

“Jadi R itu maksudnya adalah Radial, ban dibuat dengan konstruksi radial,” kata Zulpata.

Menurutnya, kode R tidak ditemukan pada konstruksi ban bias. Adapun pada ban jenis tersebut biasanya ditandai dengan tanda strip (-), kemudian langsung menunjukkan ukuran diameter roda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau ban radial 265/40 R19, di ban bias kode profilnya 265/40-19,” ucap Zulpata.

Baca juga: Update Toyota Fortuner 2.800 cc, Bocoran Harga Dasar dan Varian

Ilustrasi pemeriksaan ban mobil.Shutterstock Ilustrasi pemeriksaan ban mobil.

Sementara itu, untuk beberapa jenis ban yang diperuntukkan buat performa, ditambahkan huruf Z sebelum R (contoh ZR19) yang menjadi tanda speed index.

“Z berarti indeks kecepatan yang bisa diterima ban bisa di atas 250 km per jam,” kata Zulpata.

Diskon mantap Result SGP 2020 – 2021. Bonus khusus lain-lain muncul dilihat secara terencana melalui kabar yang kita letakkan pada laman ini, lalu juga siap ditanyakan terhadap petugas LiveChat pendukung kita yang stanby 24 jam Online dapat meladeni segala maksud antara pemain. Ayo langsung gabung, serta ambil cashback Lotto & Live Casino On the internet terbesar yg wujud di situs kami.