Saturday, October 23
Shadow

Tersedia Fitur yang Hilang pada Honda All New CBR150R

JAKARTA, PETUNJUK. com – All New Honda CBR150R dibekali kira-kira fitur baru. Salah satu yang paling banyak dibicarakan ialah penggunaan suspensi depan upside down.

Meski demikian sebetulnya ada fitur yang hilang dari All New CBR150R dari model sebelumnya, yaitu shockabsorber belakang sekarang telah tidak lagi menggunakan setelan kebengisan.

Baca juga: Perbedaan Suspensi Upside Down All New CBR150R dengan CBR250RR

Aksesori resmi Honda All New CBR150R AHM Aksesori resmi Honda All New CBR150R

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, setingan suspensi belakang sengaja dihilangkan sebab jarang digunakan.

“Karena setelah kita tanya jarang yang mengunakannya. Jadi produsen sudah bikin tapi jarang dipakai, ” introduksi Endro saat ditemui di AHM Safety Riding Park, Cikarang, belum lama ini.

Di CBR150R facelift model 2018 Honda membekali dengan Preload Adjustment. Shock belakangnya bisa diatur dengan lima tingkat kekerasan.

“Untuk All New CBR150R tingkat kekerasannya setelan standar (default) disamakan ke level 2 di tipe dengan sebelumnya, ” kata Endro pada Kompas. com.

Baca juga: Modifikasi All New CBR150R Pakai Lengan Ayun CBR250RR

All New CBR150R Foto: AHM All New CBR150R

Sebentuk tak sama

Suspensi depan All New CBR150R juga berbeda dengan punya CBR250RR. Meski tampilannya serupa dan sama-sama punya diameter as 37 mm tapi bagian dalamnya berbeda.

All New CBR150R memakai tipe Separated Front Fork kacau Big Piston (SFF-BP) buatan Showa. Sedangkan CBR250RR, tetap dari Showa tapi tipenya SFF.

“Kalau All New CBR150R pakai big piston kalau di CBR250RR pakai cartridge. Keduanya sama-sama cakap, hanya beda peruntukkan saja, ” kata Endro.

“Suspensi All New CBR150R cenderung digunakan di on road. CBR250RR dia lebih bagus saat dipakai cornering. Selain itu juga lebih tertib saat melewati jalan rusak, ” katanya.